Ketahui resiko penyakit batu empedu dan cara mengobatinya. Faktor resiko dari batu empedu itu berawal dari 4 f, Forty itu usia ya rata –rata usia 40 thn itu resiko dari batu empedu itu meningkat  kedua Female (wanita) wanita lebih tinggi ini karena pengaruh ekstrogen, hormonal kemudian penggunaan dari kb itu bisa.  Kemudian F lagi itu fat (lemak) makanan yang mengandung lemak dan kolesterol , walaupun lemak dan kolesterol ini dibutuhkan  namun lemak dan kolesterol jahat yang meningkatkan terjadi resiko penyakit batu empedu. Kemudian yang  f selanjutnya adalah family atau genetic (keturunan) itu karena pengaruh dari masalah hormonal.

Jadi pengkonsumsian makanan yang mengandung kolesterol dan lemak jahat dalam kehidupan sehari –hari itu bisa mengakibatkan resiko dari batu empedu. Batu empedu itu letaknya di bawa hati, warna hijau itu batu empedu disaat kita makan setiap hari , ini adalah proses pencernaan di usus. Nah dari empedu akan di alirkan yang warna hijau itu adalah cairan empedu yang di produksi di hati, ini tujuannya adalah untuk proses pencernaan dan penyerapan lemak biar bisa kirim ke hati. Ini zat nutrisi yang dikirim ke hati untuk di metabolisme ulang.

Nanti hasil metabolisme seperti kolesterol dan lemak itu akan dikirim lagi ke empedu yang warna hijau. Nah bicara masalah tadi, kebiasaan seseorang mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung kolesterol dan lemak jahat ini akan mengakibatkan penimbunan dari kandungan tadi di dalam kantung empedu. Penimbunan ini jika terjadi dalam waktu yang lama akan mengakibatkan pengendapan atau pengkristalan dari kolesterol atau ceret empedu atau lemak.

penyakit batu empedu dan cara mengobatinyaPengkristalan ini akan mengakibatkan yang namanya batu empedu. Nah tentunya yang namanya batu empedu ini tidak ada yang mau mengalaminya karena efeknya itu  bisa cukup membahayakan organ –organ lain. Bisa ke pankreas, bisa menjadi penyakit kanker hati, kanker pancreas lalu bisa merusak organ pencernaan. Yang terpenting adalah pencegahan.

Salah satu resiko dari terjadinya batu empedu adalah kebiasaan mengkonsumsi makanan tinggi kolesterol dan lemak jahat. Karena ada proses penumpukan dari sari-sari makanan tadi di dalam kantong empedu.

Jadi yang pertama perhatikan asupan daging merah, lalu mentega kemudian kopi dan batasi konsumsi alkohol. Nah kenapa? Karena dari proses lemak – lemak yang masuk bisa menjadi resiko terjadinya batu empedu. Dan untuk minyak usahakan menggunakan minyak zaitun.

Yang kedua adalah menjaga berat badan, perut adalah indikasi bahwa terjadinya penimbunan lemak yang berlebihan di tubuh. Hal yang sederhana selain menjaga konsumsi makanan  ya juga dengan berolahraga. Terutama yang sederhana adalah masalah treadmill minimal 30 menit sehari max 1 jam kemudian tentunya makanan yang berserat

Karena bagaimanapun apapun yang kita konsumsi sehari – hari itu proses pencernaan lemak dan kolesterol itu yang jahat – jahat akan dibantu dengan makanan  yang berserat untuk segera di buang dan terbentuk dalam BAB. Makanan berserat seperti tauge, kacang tanah, kenari untuk proses pemasakannya sebisa mungkin jangan di goreng bisa dig anti dengan di rebus. Lalu ada beberapa sayur yang tidak kala penting seperti  kubis, brokoli, dan bayam. Jadi makanan berserat sangat penting sekali di konsumsi  untuk mengurangi atau istilahnya membuang kolesterol dan lemak jahat yang sudah masuk ke dalam system pencernaan.

A: jadi kita harus jadi vegetarian ?

Dr: tidak kita hanya perlu membatasi karena kadang proses daging merah ini sering di bakar. Proses pembakaran yang keliru juga akan merangsang terjadinya zat kanker.

Bagaimanapun untuk menghindari hal-hal yang tidak di inginkan pada Anda, karena bila sumbatan pada kantong empedu ini melebihi dari besarnya kantong empedu bisa saja sumbatan itu mengakibatkan pecahnya si kantong empedu. Dan kepecahan ini bisa menimbulkan kematian pada si penderita. Jadi pencegahan memang salah satu cara untuk menghindari kejadian tersebut. Itulah tadi bahasan mengenai penyakit batu empedu dan cara mengobatinya. Semoga bisa menam bah wawasan anda mengenai penyakit batu empedu.