Pengobatan alternatif darah tinggi dipilih oleh sebagian orang karena harganya yang lebih murah serta bisa meminimalisir zat kimia yang masuk ke dalam tubuh.

Banyak pilihan cara pengobatan mulai dari akupuntur, mengkonsumsi bahan makanan yang mampu menurunkan darah tinggi hingga mengkonsumsi air kelapa dengan teratur.

Cara pengobatan dengan mengkonsumsi air kelapa ini banyak dipilih karena selain murah dan mudah dicari serta dilakukan juga lebih enak.

Pengobatan Alternatif Darah Tinggi dan Dehidrasi

Obat alternatif darah tinggi yang berupa zat cair ini terkenal sebagai minuman yang ampuh untuk mengatasi dehidrasi pada tubuh.

Hal tersebut disebabkan karena air kelapa memiliki kandungan gula beserta dengan elektrolit yaitu potassium dan sodium yang berfungsi untuk menyegarkan tubuh.

Karena hal tersebut, tubuh menjadi terhindar dari dehidrasi yang bisa menyebabkan kondisi badan menjadi memburuk dan salah satunya adalah bisa meningkatkan tekanan darah.

Penelitian Air Kelapa untuk Pengobatan Alternatif Darah Tinggi

Air kelapa tidak semata-mata dipilih dan diminum untuk menurunkan hipertensi, karena terdapat penelitian yang menghasilkan kesimpulan jika air kelapa ternyata bisa menjadi obat alternatif penurunan darah tinggi. 

Pada penelitian yang dilakukan tersebut pada pasien hipertensi murni rawat jalan, menghasilkan kesimpulan jika mengkonsumsi air kelapa muda 2 gelas per harinya saat pagi dan sore bisa membantu untuk menurunkan tekanan darah hingga 10-20 mmHg dibandingkan sebelum terapi.

Studi dari jurnal West Indian Medical di tahun 2015 juga menyebutkan jika air kelapa efektif untuk menurunkan tekanan darah hingga 12 poin pada 71% penderita tekanan darah tinggi yang dijadikan subjek penelitian.

Sehingga jika dibandingkan dengan minuman isotonic ataupun minuman berenergi, lebih baik mengkonsumsi air kelapa yang bagus untuk tubuh.

Kalium Air Kelapa untuk Pengobatan Alternatif Darah Tinggi

Salah satu yang menyebabkan air kelapa cocok dikonsumsi sebagai obat alternatif tekanan darah tinggi adalah karena air kelapa mengandung kalium. Kalium yang ada di dalam air kelapa untuk 1 gelasnya adalah sekitar 600 mg.

Fungsi dari kandungan tersebut adalah untuk menurunkan tekanan darah karena membantu menjaga kesehatan ari sistem syaraf serta memperlancar pembuluh darah.

Selain untuk menurunkan tekanan darah, minuman yang dijadikan sebagai obat alternatif darah tinggi ini juga bermanfaat untuk menyeimbangkan kadar natrium yang terdapat dalam darah. Fungsi lainnya adalah membantu agar fungsi yang ada di dalam tubuh bisa berjalan dengan baik.

Larangan Mengkonsumsi Air Kelapa untuk Pengobatan Alternatif Darah Tinggi

Akan tetapi, minuman untuk pengobatan alternatif darah tinggi ini tidak disarankan untuk dikonsumsi oleh penderita hipertensi yang sudah mempunyai komplikasi misalnya gagal ginjal.

Hal tersebut disebabkan kalium yang tinggi yang ada di air kelapa tersebut justru bisa memperparah kondisi tubuh Anda.