Sebenarnya untuk menentukan apa saja makanan yang harus dihindari penderita diabetes tidaklah sulit. Anda bisa menggunakan indeks glikemik untuk menentukan mana makanan yang baik dan mana makanan yang buruk bagi penderita diabetes melitus.

Indeks glikemik memang sangatlah membantu dalam pemilihan jenis makanan yang aman untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes melitus.

Namun ternyata, meskipun memang indeks glikemik memudahkan untuk menemukan berbagai macam makanan yang harus dihindari penderita diabetes, terkadang indeks glikemik makanan juga bisa berubah.

Oleh sebab itu, anda yang menderita penyakit diabetes melitus juga perlu mengetahui apa faktor yang dapat memicu berubahnya indeks glikemik suatu makanan tersebut. Karena memang faktor-faktor tersebut bisa merubah makanan yang awalnya baik dikonsumsi oleh penderita diabet menjadi makanan yang harus dihindari penderita diabetes.

Jika anda ingin mempelajari apa saja faktor yang menyebabkan indeks glikemik suatu makanan berubah, anda bisa mempelajarinya lebih lanjut di artikel ini.

Faktor yang Dapat Merubah Indeks Glikemik Makanan Menjadi Makanan yang Harus Dihindari Penderita Diabetes

Makanan yang Dihindari Penderita  DiabetesIndeks glikemik memang sangat membantu dalam menentukan makanan yang harus dihindari penderita diabetes. Namun karena adanya beberapa macam faktor, indeks glikemik suatu makanan juga bisa mengalami perubahan.

Oleh sebab itu, penderita diabetes melitus juga perlu mengetahui apa saja faktor yang dapat meningkatkan indeks glikemik makanan tersebut. Inilah beberapa macam faktor yang mempengaruhi perubahan indeks glikemik makanan:

  • Faktor cara mengolah makanan

Faktor pertama yang dapat mempengaruhi perubahan indeks glikemik pada makanan adalah cara mengolah makanan tersebut.

Jika makanan diolah dengan cara yang salah, maka makanan yang sehatpun akan menjadi makanan yang harus dihindari penderita diabetes.

Sebagai contohnya, buah-buahan yang memiliki indeks glikemik rendah memang aman untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes melitus. Namun jika buah-buahan tersebut dikeringkan dan diolah menjadi manisan buah, jelas buah-buahan tersebut sudah tidak bisa dikonsumsi oleh penderita diabetes melitus.

  • Faktor penambahan rasa pada makanan

Makanan yang mengalami penambahan rasa juga sangat berbahaya dikonsumsi oleh penderita diabetes melitus.

Contohnya adalah seperti buah-buahan yang diolah menjadi jus buah kemudian ditambahkan gula pasir atau madu yang tidak asli.

Penambahan pemanis seperti gula pasir dan juga madu yang sudah tidak asli lagi akan membuat makanan menjadi tidak boleh dikonsumsi oleh penderita diabetes melitus.

Pentingnya Memilih Jenis Makanan dan Cara Mengolahnya Dengan Benar

Melihat dari fakta tersebut, maka pemilihan jenis makanan menurut indeks glikemik saja masih belum cukup untuk memastikan bahwa makanan yang anda konsumsi bukanlah makanan yang harus dihindari penderita diabetes.

Untuk lebih memastikan anda memakan makanan yang benar-benar aman, kami sarankan anda untuk mengetahui cara mengolah berbagai macam makanan untuk penderita diabetes melitus yang benar.

Karena memang makanan yang sehat jika diolah dengan cara yang salah akan berubah menjadi makanan yang tidak sehat.