Mari mengenal kanker paru lebih dekat, apa saja sih gejalanya? Tahukah Anda salah satu penyakit yang menjadi pembunuh terbesar di dunia belakangan ini? Ya , kanker paru. Kanker paru biasanya di tandai dengan cirri khas adanya pertumbuhan sel yang tidak terkontrol pada jaringan paru – paru. Lalu apakah penyebab seseorang terjangkit penyakit ini.

Apa Saja Penyebab dari penyakit Kanker Paru?

Menurut DR. dr. Wahju Aniwidyaningsih, SpP

Penyebab utama penyakit kanker paru terutama adalah perokok, 80% penderita kanker paru itu adalah perokok sisanya yang 20% itu bukan perokok. Nah kenapa yang 20% itu bukan perokok bisa jadi kanker paru? Sebabnya macam – macam. Entah karena genetik karena keturunan ada faktor resiko untuk kanker atau dia adalah perokok pasif atau penyebab lainnya yang kita sampai sekarang belum tau.

Apakah penyakit ini Dapat Menular Melalui Udara Seperti Penyakit TBC?

mengenal kanker paru lebih dekatPenyakit Kanker paru tidak menular, kalau pada pasien – pasien TB angka tuberculosis di Indonesia kan masih tinggi. Indonesia juga masih kalau tidak salah no 3 atau no 4 di dunia yang untuk jumlah penderita TB. Kalau penyebabnya karena TB biasanya memang dengan adanya percikan dahak itu dia membawa kuman bahkan jutaan kuman. Jadi kalau memang dia menderita TB mungkin sebaiknya di isolasi atau pasiennya memakai masker sebagai pencegahan terutama dalam pengobatan TB. Kan pengobatan TB dalam waktu 2 bulan fase intensive dan 4 bulan fase lanjutan. Pada waktu 2 bulan itu sebaiknya pasien TB bisa memakai masker . setelah 2 bulan setelah fase intensive jumlah kumannya sudah jauh menurun sehingga biasanya di bolehkan di gabung dengan pasien lain atau tidak memakai masker

Buruknya kualitas udara di jaman sekarang di tambah dengan gaya hidup yang tidak sehat merupakan salah satu pemicu utama seseorang terkena penyakit kanker paru. Jagalah kesehatan paru – paru Anda sebelum terlambat.