Cara alami mengobati kolesterol umumnya dipilih oleh masyarakat karena beragam jenis faktor dan salah satunya adalah karena cara alami tersebut lebih meminimalisir efek samping setelah mengkonsumsi obat.

Untuk menurunkan dan mengobati kolesterol banyak cara yang bisa dilakukan dan salah satunya adalah dengan mengkonsumsi buah yang mengandung pektin.

Pengertian Pektin untuk Cara Alami Mengobati Kolesterol

Pektin sendiri termasuk sebagai polimer heterosakarida yang didapatkan dari dinding sel dari tumbuhan darat. Wujud dari pektin saat diesktrak adalah berupa bubuk yang berwarna putih hingga coklat terang.

Pektin yang terbukti mampu untuk menurunkan kolesterol hingga 10% ini, pada sel tumbuhan adalah penyusun dari lamela tengah yang merupakan lapisan penyusun dinding sel.

Pektin yang bisa ditemukan di buah yang mampu untuk dikonsumsi sebagai salah satu cara cepat alami menurunkan kolesterol ini biasanya digunakan sebagai bahan perekat pada permen serta stabilizer seperti pada jus buah atau minuman yang terbuat dari susu.

Buah yang mengandung pektin yang bisa dikonsumsi untuk menurunkan kolesterol adalah peach dan apel yang masing-masing mengandung pektin sebanyak 1,4 gr/200 gr dan 1,0 gr per 200 gr.

Kandungan Pektin di Apel untuk Cara Alami Mengobati Kolesterol

Buah apel yang bisa dikonsumsi karena bisa dijadikan obat untuk cara alami untuk menurunkan kolesterol secara cepat ini memiliki kandungan pektin terutama di bagian kulitnya.

Serat yang larut air ini bekerja menyerap kolesterol dan juga lemak jahat yang ada di bagian usus halus agar bisa dibawa keluar lewat feses dan urin.

Buah Lainnya untuk Cara Alami Mengobati Kolesterol yang Bisa Dikonsumsi

Selain buah peach dan apel, ada beberapa buah lainnya yang mudah untuk ditemukan yang bisa dikonsumsi untuk cara alami mengobati kolesterolPertama adalah pir.

Buah yang umumnya berwarna kuning ini memiliki serat yang tinggi bahkan lebih tinggi dari apel dan bisa memenuhi 16% kebutuhan dari serat harian.

Buah pir ini mengandung pektin yang bisa mengikat kolesterol kemudian mengangkutnya keluar tubuh sehingga menyebabkan kadar kolesterol jahat atau LDL menurun.

Kedua adalah berries. Buah yang termasuk sebagai keluarga beries untuk cara alami menyembuhkan sakit kolesterol adalah strawberry, blueberry serta cranberry.

Buah ini kaya akan pektin sehingga bisa mengikat kolesterol yang terserap oleh usus halus yang menyebabkan kolesterol jahat pada tubuh menjadi menurun dan digantikan oleh kolesterol baik atau HDL.

Berdasarkan pada penelitian Erlund et al yang menggunakan 72 subyek penelitian mengemukakan jika berry yang dikonsumsi 2 porsi/harinya, bisa meningkatkan kolesterol baik.

Sedangkan berdasarkan pada penelitian dari Basu et Al yang menggunakan subyek 16 wanita mengemukakan, jika mengkonsumsi berry secara rutin bisa menurunkan kolesterol jahat dalam kurun waktu 4 minggu. Tidak heran jika berry kerap dikonsumsi sebagai cara alami mengobati kolesterol.