Sakit maag atau tukak lambung dalam dunia medis digolongkan sebagai penyakit yang kronis. Yang merupakan kumpulan gejala perih, nyeri ulu hati, mual dan kembung. Sakit maag bisa disebabkan oleh adanya peradangan atau luka dilambung yang dapat memicu produksi asam lambung berlebihan. Asam lambung yang berlebihan bisa disebabkan oleh stress, telat makan, atau makanan-makanan yang dapat meningkatkan produksi asam lambung. Apa saja makanan-makanan yang dapat memperparah sakit maag? Berikut ini penjelasannya :

Penyebab Penyakit Maag dan Cara PenyembuhannyaYang pertama adalah makanan-makanan yang dapat memicu gas berlebih didalam lambung. Contohnya seperti sawi, kol, nangka, kedondong, ataupun kacang-kacangan dan minuman bersoda. Untuk penderita yang memiliki riwayat intoleransi laktosa susu dan produk turunannya seperti keju, yogurt dan mentega dapat menjadi penyebab produksi gas berlebih. Jika terdapat gas berlebih dilambung maka akan memperparah keluhan sakit maag yang ada. Berikutnya adalah makanan dan minuman yang dapat merangsang keluarnya asam lambung.

Contohnya seperti kopi, minuman keras dan buah jeruk. Selain ada beberapa jenis makanan lainnya yang pantang untuk penderita sakit maag. Yakni jenis makanan yang membuat pengosongan lambung jadi lebih lambat. Contohnya makanan-makanan berlemak, kue tart, makanan bersantan dan makanan yang mengandung karbohidrat tinggi. Jika pengosongan lambung tertunda dari waktu sewajarnya maka, kerja lambung menjadi 2x lebih berat. Jika demikian akan mencetus gas dan memperparah gejala sakit maag. Asupan lainnya yang dapat memperparah sakit maag adalah jenis makanan yang dapat memicu luka dilambung.

Contohnya seperti cuka, makanan pedas, merica, bumbu yang kuat dan bersifat asam lainnya. Jenis makanan ini memicu jika permukaan lambung luka maka akan membuat gejala sakit maag semakin parah. Berikutnya sakit maag dapat diperparah oleh asupan yang dapat melemahkan klep kerongkongan bawah. Pada area atas lambung dekat kerongkongan bagian bawah terdapat klep yang bertugas mengatur buka tutup organ lambung ketika menerima makanan.

Jika klep ini melemah maka asam lambung akan naik ke atas kerongkongan. Hal inilah yang membuat rasa ingin muntah, mual serta rasa panas. Kekuatan dari klep ini dapat dipengaruhi dari apa yang kita makan dan minum. Contohnya seperti minuman keras, coklat, makanan tinggi lemak dan gorengan. Itulah jenis makanan dan minuman yang dapat memperparah sakit maag. Selain makanan dan minuman ada faktor gaya hidup lainnya yang memperparah sakit maag, antara lain sering stress, terlalu lelah, melewatkan waktu makan dan merokok.

Dari derajat keparahannya sakit maag mempunyai tahapan mulai ringan, perut kembung hingga kondisi yang gawat. Untuk solusinya obat sejenis antasit menjadi pilihan. Pada umumnya  antasit yang mengandung hidrotalsit dapat menetralkan asam lambung dan meredakan perih dalam waktu singkat. Dengan bantuan antalsit yang dapat mengatasi asam lambung menjadikan lambung nyaman. Itulah beberapa Penyebab Penyakit Maag dan Cara Penyembuhannya.