Dalam memenuhi nutrisi, tak ada yang dapat menandingi telur. Itulah alasanmengapa telur dapat dikategorikan sebagai makanan super. Telur memberi banyak sekali manfaat untuk tubuh, merupakan sumber protein yang sangat tinggi, dapat meningkatkan kecerdasan dari otak, dan masih banyak manfaat lainnya untuk kesehatan.

Faktanya didalam sebuah telur terkandung paket nutrisi yang lengkap. Untuk memperoleh nutrisi lengkap biasanya kita harus memperolehnya dari kombinasi-kombinasi beberapa makanan. Simak artikel di bawah ini supaya Anda dapat mengetahui macam-macam keuntungan dan manfaat telur untuk kesehatan.

  • Telur Mengandung Banyak Nutrisi Di dalamnya

manfaat telurDalam sebutir telur rebus dengan ukuran besar, terkandung berbagai nutrisi seperti yang disebutkan dibawah ini:

  • telur mengandung vitamin E,
  • telur mengandung vitamin K,
  • telur mengandung zat besi,
  • telur mengandung kalsium,
  • telur mengandung seng (zync),
  • telur mengandung mineral lain dalam jumlah yang lebih kecil.

Dengan kandungan mineral dan vitamin di atas, telur dapat memberi manfaat yang tidak akan terbatas pada tubuh kita.

  • Telur dapat Menyediakan Protein Berkualitas Tinggi

Protein adalah salah satu nutrisi makro yang paling diperlukan tubuh, dan protein merupakan agen pembentuk paling utama dalam tubuh kita. Protein dalam telur dapat memperbaiki jaringan yang sudah rusak kemudian membentuk jaringan baru lagi yang sehat, dan dapat merangsang pertumbuhan.

Telur dapat memberikan tubuh protein yang berkualitas. Satubutir telur mengandung kurang lebih 6,5 gram protein. Asam amino merupakan pembentuk protein, dan terdapat banyak asam amino didalam sebutir telur. Ada sembilan jenis asam amino terdapat didalam telur yang ternyata tidak dapat diproduksi oleh tubuh, Ini artinya kita hanya bisa mendapatkannya melalui makanan. Telur sudah menyediakan paket protein paling lengkap dan berkualitas untuk tubuh kita.

  • Telur Baik untuk Kesehatan Organ Mata

Di dalam telur terkandung vitamin A yang cukup tinggi. Jika kita kekurangan vitamin A dapat menyebabkan turunnya fungsi penglihatan dan berbagai jenis gangguan mata lainnya seperti katarak dan degenerasi makula.

Telur mengandung Lutein and Zeaxanthin, dua jenis antioksidan yang berperan penting dalam kesehatan mata. Antioksidan ini biasanya berkumpul di sekitar area retina mata untuk dapat melindungi mata dari berbagai substansi yang berbahaya. Asupan dua jenis antioksidan ini sangat dibutuhan oleh mata baik anak-anak, orang dewasa, maupun lansia.

  • Telur Mengandung Kolin yang bermanfaat bagi kesehatan & perkembangan otak

Telur termasuk dalam kategori makanan super karena mempunyai kandungan nutrisi yang tinggi.Tidak banyak orang yang mengetahui tentang kolin ini. Kolin adalah nutrisi yang sangat diperlukan tubuh, dan banyak orang yang belum mendapat nutrisi ini untuk mencukupi kebutuhan tubuh. Dalam satu butir telur mengandung 100 mg nutrisi ini.

Kolin sangat bermanfaat untuk memfasilitasi perkembangan otak. Dimulai dari bayi yang masih dalam kandungan, anak-anak, hingga lansia. Kolin berfungsi membangun membran sel dan berperan memproduksi molekul sinyal dalam otak, memperbaiki fungsi memori dalam otak, dan masih banyak fungsi lainnya yang berhubungan dengan kesehatan otak.

Telur adalah sumber kolin yang paling baik. Mengkonsumsi satu butir telur setiap hari dapat mencukupi sekitar 28 persen kebutuhan kolin untuk perempuan hamil. Kolin sangat dibutuhkan selama masa-masa kehamilan dan menyusui, karena kolinlah yang mempunyai peran penting dalam proses perkembangan otak dan peningkatan memori untuk janin dan anak-anak.

  • Telur Tidak Akan Meningkatkan Kolesterol dalam Tubuh

Pada tahun 90-an, telur merupakan makanan dengan reputasi buruk karena mengandung kolesterol sangat tinggi. Telur dianggap hanya mendatangkan efek buruk dibanding dengan manfaatnya untuk kesehatan. Faktanya, satu butir telur (kuning telur) mengandung 210 miligram kolesterol, lebih dari setengah dari jumlah kolesterol yang dianjurkan (300 mg).

Akan tetapi, mendapat asupan kolesterol tak lantas meningkatkan jumlah kolesterol dalam tubuh juga. Liver dapat memproduksi kolesterol dalam jumlah yang besar setiap harinya, Tetapi ketika kita mengkonsumsi telur, liver dalam keadaan sehat akan memproduksi lebih sedikit kolesterol, sehingga jumlahnya tidak akan berlebihan.