Orang yang mengaku dirinya dalam keadaan sehat belum tentu benar-benar sehat keadaan fisiknya.  Terkadang seseorang dapat berlaku layaknya orang yang sehat meskipun dirinya sedang merasakan sakit dan membutuhkan perhatian karena berbagai macam alasan. Untuk itu ada baiknya jika kita dapat mengetahui beberapa ciri-ciri orang yang sedang sakit supaya kita dapat memberikan saran dan masukan kepada orang yang sedang sakit untuk tidak memaksakan diri tetap beraktivitas seperti biasanya supaya kondisi tubuhnya tidak bertambah parah.

Beberapa Tanda, Gejala, Ciri-Ciri Orang yang Sedang Sakit) :

  1. Wajah Terlihat Pucat

CiriorangakansakitOrang yang sedang mengalami penurunan kesehatan dapat kita deteksi dengan melihat tingkat kepucatan pada wajahnya. Jika wajahnya terlihat pucat dan jauh berbeda berbeda dari hari-hari biasanya, Ada kemungkinan yang sangat besar jika orang tersebut sedang mengalami masalah kesehatan baik dari segi fisik ataupun mental.

  1. Tubuhnya Lemah (Kurang Bertenaga)

Orang yang sedang dalam keadaan sakit biasanya akan kurang bergairah dalam melakukan berbagai jenis kegiatan, baik yang rutin maupun yang tidak rutin dilakukannya.  Hal ini dikarenakan tubuhnya yang terasa lemas, lesu, dan kurang bertenaga sehingga cenderung untuk mengambil posisi diam, duduk, atau bahkan dengan tiduran.

  1. Penurunan Daya Konsentrasi

Tubuh yang  sedang lemah atau kurang fit secara umum sangat berpengaruh terhadap tingkat konsentrasi seseorang.  Tubuh yang lemah dan kurang tenaga akan membuat orang yang sedang sakit selalu ingin untuk beristirahat. Secara psikis, seseorang yang sedang dalam keadaan sakit secara otomatis akan selalu berfikir ingin pulang, istirahat, tidur, pergi ke dokter, minum obat, dan lainnya.

  1. Menghindari Pekerjaan / Aktivitas yang Berat

Jika diberikan tugas yang berat, orang yang sedang dalam keadaan sakit akanberusaha untuk menghindari atau sebisa mungkin menolak pekerjaan tersebut.  Orang yang dalam keadaan sakit akan cenderung memilih pekerjaan bersifat ringan.

  1. Kurang Nafsu Makan

Orang yang sedang dalam keadaan sakit biasanya mengalami penurunan nafsu makan. Memang timbul rasa ingin memakan makanan tertentu saja atau bahkan tidak ingin memakan makanan sama sekali karena ia merasa mual jika makan.  Atau bisa juga ia tidak menghabiskan makanan yang sedang dimakannya padahal biasanya ia sangat lahap memakannya.

  1. Bersikap Aneh dari Biasanya

Orang dalam keadaan sakit yang cukup serius tentu akan memperlihatkan gerak gerikyang lain dari biasanya. Tetapi mungkin hal ini tidak dapat terlihat jika penyakit yang diderita tidak terlalu serius. Perubahan-perubahan yang tampak bisa dilihat dari gerakan tubuhnya, cara berbicaranya, mimik wajahnya, cara melakukan sesuatu hal, dan lain-lain.

Orang yang sedang dalam keadaan sakit hendaknya tidak memaksaankan dirinya untuk melakukan aktivitas yang berat-berat serta segera memeriksakan dirinya ke dokter.  Suatu penyakit yang terlihat sepele terkadang adalah suatu penyakit berat dan berbahaya bagi manusia.  Sebagai orang yang baik, sebaiknya kita memberikan saran yang baik kepada orang di sekitar salah satunya dengan menyarankan untuk beristirahat dan memeriksakan diri ke dokter pada teman yang sedang sakit.  Mempunyai rasa saling peduli adalah salah satu kunci sukses dari hubungan bermasyarakat yang baik.  Semoga bermanfaat.