Mungkin diantara Anda masih ingat dengan istilah lama yang masih sering disebut hingga sekarang ini ? “Di dalam tubuh sehat terdapat jiwa yang sehat pula”. Ada beberapa orang yang mengatakan bahwa istilah ini sebenarnya salah atau keliru. Coba sejenak Anda perhatikan mereka yang sekarang ini berada dalam perawatan rumah sakit jiwa, secara fisik mereka terlihat sehat tetapi dalam dari segi kejiwaan mereka dikatakan tidak sehat. Bukankah istilah tersebut dapat dikatakan salah besar?

Begitu pula sebaliknya. Orang yang secara fisik dalam keadaan sakit atau cacat mempunyai jiwa yang sehat. Secara terbuka sejumlah dokter dan mereka yang saat ini menekuni dunia kejiwaan (psikologi) telah mengakui bahwa tubuh dan pikiran yang merupakan bagian penting dari jiwa mempunyai hubungan sangat erat. Terjadinya gangguan pada salah satu bagian saja, dapat mengakibatkan terjadinya gangguan pada bagian tubuh yang lainnya.

Kunci Terhindar Dari StressSeperti yang sebelumnya diketahui bersama, Apapun yang membuat pikiran berpikir sangat keras akan berdampak pada jasmani seseorang. Begitupun sebaliknya, Apapun yang kita sudah lakukan dengan jasmani dan ucapan akan memunculkan sebuah catatan dalam pikiran dan akan tersimpan dalam memori kita. Catatan buruk dalam memori dari perbuatan atau ucapan yang telah kita lakukan, Suatu saat, akan menumbuhkan rasa sakit dan sejumlah keluhan lainnya.

Demikian terjalinnya hubungan yang kuat antara pikiran, jasmani, dan sejumlah keluhan sakit yang akan muncul. Sehingga kita harus sedini mungkin menyadari dan dapat menghindari supaya kita tidak sakit dengan apa yang sudah kita lakukan sendiri. Oleh sebab itu, kegiatan meditasi memanfaatkan rasa yang muncul di badan sebagai jalan keluar untuk menghapuskan reaksi-reaksi buruk yang berada dalam memori dan pikiran kita.

Kegiatan meditasi kesehatan merupakan salah satu cara untuk dapat mengatasi berbagai macam masalah yang muncul sehubungan dengan kesehatan dari pikiran atau mental. Hal ini wajib dilatih dengan baik untuk dapat menghasilkan manfaat yang penting bagi diri sendiri. Secara umum, kegiatan meditasi untuk kesehatan ini menghasilkan banyak manfaat bagi mereka yang sedang menghadapi berbagai macam masalah.

Contohnya adalah rasa kurang percaya diri, terlalu sibuk, sedang merasa bingung, selalu merasa takut, cemas, bimbang, merasa tidak pernah puas, putus asa, sangat mudah marah, mudah membenci orang, kalah oleh nafsu, kecanduan minuman atau obat terlarang, dan berbagai masalah berat lainnya. Latihan meditasi dapat dimanfaatkan untuk membiasakan pikiran supaya dapat bergerak kearah yang positif. Pada latihan meditasi, seseorang akan dikondisikan untuk selalu menyadari segala sesuatu yang sudah dikatakan, dilakukan dan dipikirkan.

Latihan meditasi ini dilakukan dengan selalu merenungkan kalimat: “Saat ini saya sedang melakukan apa?” Latihan meditai ini diperlukan, sebab dari waktu ke waktu, pikiran seseorang selalu melakukan flasback ke masa lampau maupun bergerak ke masa yang akan datang. Sangat jarang pikiran dapat menyadari kesibukan-kesibukan yang sedang dilakukan saat ini. Pemikiran-pemikiran mengenai masa lalu yang terkadang pahit hanya akan menimbulkan rasa penyesalan.

Sebaliknya, jika kenangan-kenangan manis yang diingat, orang hanya akan terlena oleh bayangannya saja. Bila, pikiran selalu di giring untuk melihat masa depan yang suram, akhirnya orang tersebut akan mengalami stres, masa depan yang cerah pun terkadang hanya akan berhenti pada angan-angan atau mimpi semata. Meditasi kesehatan selalu membiasakan seseorang harus menyadari bahwa hidup adalah saat ini. Tadi kita sudah pernah menjalani hidup, tetapi sudah tidak dapat hidup lagi.

Nanti kita akan menjalani hidup, tetapi belum tentu dapat menjalani hidup. Saat inilah hidup. Manfaatkan dengan sebaik-baiknya. Kesadaran akan kehidupan saat ini akan memacu timbulnya rasa semangat hidup yang membara supaya dapat memanfaatkan setiap momen dalam kehidupan dengan sebaik-baiknya. Tidak akan ada lagi waktu yang terbuang percuma untuk bermalas-malasan. Setiap waktu sangatlah berharganya . Selain itu, meditasi kesehatan mampu meningkatkan konsentrasi seseorang dalam bekerja sehingga dengan begitu daya kreatifitas akan selalu muncul. Ide dan gagasan yang cemerlang dapat muncul dengan mudah.