Berbagai cara telah dilakukan orang untuk tetap menjaga kesehatan tubuhnya. Tubuh memang wajib selaludalam keadaan yang sehat untuk tetap beraktifitas. Hanya dengan memiliki kondisi tubuh normal kita akan dapat bekerja dan melakukan berbagai aktifitas lainnya. Tanpa memiliki tubuh yang sehat, aktifitas pun akan terbatas. Namun, kita sendiri yang kurang memperhatikan kesehatan tubuh masing-masing.

Ketika kita masih dalam keadaan yang sehat ataupuntengah dalam keadaan setengah sehat kita dituntut untuk terus bekerja. Kita sangat kurang menjaga kondisi pikiran, kita juga kurang memperhatikan makanan -makanan yang akan dikonsumsi, kita teralu cuek hingga tak peduli dengan keadaan udara yang kita hirup serta lingkungan sekitar di mana kita tinggal. Bahkan kita sangat jarang mempunyai waktu untuk mengambil berolah raga barang 30 menit saja.

Tentu, masih ada banyak sekali persoalan-persoalan dalam hidup yang mau tidak mau harus kita pikirkan mulai  dari urusan kantor, keluarga termasuk kekhawatiran akan masa depan. Tanpa kita sadari, ini semua secara pelan-pelan menggerogoti tubuh. Diawali dengan munculnya sakit yang ringan kemudian berkembang menajadi penyakit yang berat seperti kanker. Yang lebih parahnya lagi setelah penyakit datang barulah kita menyadari bahwa kesehatan itu suatu hal yang sangat penting.

Tips Menjaga Kesehatan Tubuh Anda:

  1. Jaga Pikiran

Tips Menjaga Kesehatan Tubuh AndaPertama, arahkanlah pikiran Anda kepada pemikiran-pemikiran yang  sehat. Dengan kata lain, Anda harus berusaha mengarahkan pikiran agar dapat berpikir positif dalam segala hal. Anda tidak usah khawatir tentang kebutuhan Anda setiap hari lagi. Anda cukup melakukan apa yang baik dan selebihnyatakdir yang akan memberikan hasil sesuai dengan usaha Anda.

Para ahli kesehatan menyatakan pendapatnya bahwa jika pikiran kita dipenuhi dengan suatu hal yang baik, akan membuat daya tahan tubuh menjadi lebih kuat dan jika sistem imun kuat, penyakit tidak akan bisa sembarangan masuk ke dalam tubuh. Sumber penyakit paling utama berasal dari pikiran, jika pikiran tidak diarahkan untuk hal-hal yang baik, beragam jenis penyakit akan mengantri untuk dapat masuk ke dalam tubuh.

Jika Anda selalu merasakan kekhawatiran, mudah marah, emosi, dan takut sistem imun tubuh Anda menjadi lemah. Apabila sistem imun Anda lemah, penyakit akan mulai menyerang Anda. Dan jika Anda sudah dalam keadaan sakit, segala aktifitas akan terganggu. Apabila Anda tidak dapat beraktifitas seperti biasanya, kapasitas Anda untuk bekerja dapat berhenti. Lalu jika Anda tidak bekerja, Anda tidak dapat mencari penghasilan untuk dapat membeli kebutuhan sehari-hari. Oleh sebab itu, berusahalah untuk membuat pikiran tetap tenang.

  1. Konsumsi Sayuran, Buah, Ikan & Daging Segar

Kedua, selalu jaga asupan makanan yang akan masuk ke dalam tubuh Anda. Kita sangat mudah tergoda makanan lezat. Para penjual makanan pun ikut gencar membuat promosi yang dapat menggiring Anda untuk menikmati makann yang ia jual, perlu diingat tidak semua makanan lezat baik untuk dikonsumsi. Sebisa mungkin perbanyaklah mengkonsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan. Kurangi menkonsumsi daging khususnya daging hewan yang berlemak tinggi.

Cobalah perhatikan sapi atau lembu. Banyak yang berkata bahwa sistem pecernaan yang dimiliki oleh sapi mirip dengan pencernaan manusia. Sapi hanya memakan rumput dan tubuh mereka menjadi sangat sehat. Tidak mungkin ada sapi yang memakan daging. Namun tubuh sapi tetap dapat sehat bahkan gemuk hanya dengan makan rumput. Tentunya kits tidak memakan rumput seperti sapi. Tetapi, ini sudah termasuk memberikan pesan bahwa sayur-sayuran dan buah-buahan merupakan makanan utama bagi kita.

Ini memang terbukti menjadi makanan terbaik untuk kesehatan apalagi jika ditambah dengan mengkonsumsi ikan-ikan segar. Semakin banyak mengkonsumsi sayur-sayuran, buah-buahan  dan ikan segar makan akan semakin besar kemungkinan Anda untuk tetap menjadi sehat. Makanan-makanan ini mengandung sangat banyak protein yang dibutuhkan oleh tubuh, untuk dapatmeregenerasi sel-sel yang rusak atu mati dan mengaktifkan fungsi sel dalam tubuh. Jadi, jangan lupa untuk mengkonsumsi protein dari sumber nabati dan ikan segar.

  1. Olah Otot & Olah Raga

Ketiga, melakukan olah otot dan olah tubuh. Anda harus rutin berolah raga. Dianjurkan untuk melakukan perenggangan tubuh sebelum memulai melakukan kegiatan olah raga dan jenis olah raga  yang paling baik untuk Anda yang sudah berumur di atas 40 tahun (lansia) adalah berjalan kaki sebanuyak 13.000 langkah setiap hari. Lansia tidak disarankan untuk melakukan jenis olah raga yang berat. Jenis olahraga berat hanya baik bagi mereka yang berumur muda, dibawah 25 tahun.

Dengan melakukan olah otot dan berjalan kaki bisa membantu menghancurkan lemak-lemak yang menumpuk dalam tubuh Anda. Lemak memang dibutuhkan juga oleh tubuh, tetapi jika berlebihandapat menghambat jalannya peredaran darah dalam tubuh. Apabila peredaran darah dalam tubuh terganggu, asupan nutrisi dan oksigen ke seluruh bagian tubuh akan terganggu. Jadi, usahakanuntuk selalu mengambil waktu melakukan perenggangan tubuh dan berjalan kaki setiap hari.

  1. Tidur Cukup

Keempat, usahakan mempunyai waktu tidur yang cukup. Tubuh sangat memerlukan istirahat. Tidurlah minimal 7 sampai 8 jam setiap harinya. Akan lebih baik lagi jika Anda tidur pada pukul 10 malam dan bangun pukul 5 pagi atau bisa lebih pagi dari itu. Dengan waktu istirahat yang cukup, organ tubuh Anda akan beristirahat sekaligus ada proses regenerasi sel-sel dalam tubuh. Bila Anda sampai mengabaikannya, tubuh akan mudah jatuh sakit. Jika Anda sudah sakit, Anda sulit melakukan aktifitas sehari-hari dan bila hal ini berlangsung untuk waktu yang lama, tentu akan sangat merugikan diri sendiri dan masa depan Anda.

Itulah tips menjaga kesehatan tubuh yang penting untuk diterapkan di kehidupan sehari-hari.