Kita sering mendengar diabetes, tapi apa sesungguhnya pengertian diabetes melitus itu? Diabetes melitus merupakan salah satu penyakit kronis yang disebabkan oleh adanya gangguan keseimbangan hormon yang berakibat tidak seimbangnya kadar gula darah.

Pengertian diabetes melitus secara harfiah

Pengertian diabetes melitus secara harfiah adalah diabetes berarti “terus mengalir”, melitus “manis seperti madu”. Kedua kata ini diambil dari bahasa Yunani kuno. Dengan demikian, kita bisa menyimpulkan bahwa pengertian penyakit diabetes melitus adalah air yang terus mengalir (kencing yang sering) dan rasanya manis.

Seseorang yang menderita diabetes melitus, urinnya sering dikerubuti semut. Hal itu menandakan bahwa penderita diabetes memang memiliki urin yang rasanya manis karena mengandung gula.

Seseorang yang urinnya tidak terasa manis bukan berarti aman dari diabetes. Diabetes itu hanya bisa dipastikan dengan pemeriksaan kadar gula darah. Kadar gula dalam urin tidak dapat dijadikan patokan.

Dalam beberapa kasus ditemukan penderita gula darah tinggi namun tidak mengalami gula urin tinggi. Ini dikarenakan, kadar gula darah selalu lebih tinggi dari pada kandungan gula yang terdapat dalam urin.

Untuk mengetahui seseorang mengidap diabetes itu sebaiknya dilakukan pemeriksaan laboratorium lengkap. Hal ini dilakukan agar hasilnya akurat dan tidak meragukan.

Penyakit kronis yang membunuh secara diam-diam

Diabetes sering dikatakan sebagai silent killer atau pembunuh diam-diam. Hal ini dikarenakan terkadang diabetes baru diketahui ketika kondisi seseorang sudah sedemikian parah. Pada awalnya, penderita tidak sadar bahwa ia penderita diabetes.

Pada tahun 2000, di Indonesia diperkirakan ada 8,4 juta orang yang mengidap diabetes. Tidak dapat dipungkiri, setiap tahun jumlah penderita diabetes kian bertambah. Hal itu dipengaruhi oleh gaya hidup yang semakin modern.

Dengan angka itu, menjadikan Indonesia sebagai negara dengan penderita diabetes terbanyak ke-4 di dunia. Jumlah tersebut hanya orang-orang yang sudah diketahui saja. Tidak termasuk yang belum terdeteksi karena pasien tidak sadar dirinya diabetes.

Pengertian diabetes melitus ini sering dipahami secara salah oleh orang-orang awam. Seringkali orang awam menyangka bahwa diabetes bisa sembuh dengan mengkonsumsi obat diabetes. Padahal itu tidak menyembuhkan, hanya membantu menstabilkan gula darah.

Diabetes disebabkan oleh masalah yang berhubungan dengan “kendaraan” insulin

Cara yang paling sederhana untuk memahami penyebab diabetes adalah dengan analogi sederhana. Kita ibaratkan gula adalah bahan bakar energi bagi tubuh. Gula ini diserap dari makanan yang kita konsumsi.

Hasil penyerapan yang berupa gula tersebut akan dialirkan ke dalam darah. Darah yang mengandung gula ini akan terus mengalir dalam tubuh untuk memastikan semua nutrisi sampai tujuan.

Gula yang ada dalam darah tidak akan bisa pindah ke sel jika tidak ada pengangkutnya. Kendaraan yang mengangkut gula dari darah ke dalam sel adalah hormon insulin.

Hormon insulin diproduksi oleh pankreas. Pada diabetes melitus tipe 1, pankreas mengalami kerusakan sehingga tidak mampu memproduksi insulin. Sedangkan pada diabetes tipe 2, insulin diproduksi seperti biasa hanya saja terjadi resistensi.

Resistensi insulin ini menyebabkan insulin tidak dapat bekerja seperti seharusnya. Jadi, pada diabetes tipe 2 disimpulkan bahwa insulin memang tersedia, hanya saja fungsinya yang tidak ada.

Dengan penjelasan di atas, bisa disimpulkan bahwa ketiadaan insulin atau ketiadaan fungsi insulin adalah pemicu diabetes. Tidak adanya pengangkut, menyebabkan gula tidak terdistribusi sehingga menumpuk dalam darah.